Sabtu, 05 Juni 2010

Pidato tentang bahaya rokok dan narkoba

DAMPAK BAHAYA ROKOK DAN NARKOBA

Assalamualaikum wr.wb.
Selamat pagi terima kasih atas kesempatan yang di berikan kepada saya
Yang terhormat para dewan juri dan teman teman sekalian
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur atas ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga kita dapat bertemu di acara ini. Perkenalkan nama saya Ayyub Thalib, Saya ingin sedikit berpidato mengenai dampak bahaya merokok dan narkoba.
Rokok dan Narkoba menurut saya sangat berhubungan erat, bisa dibilang rokok adalah jembatan untuk mengenal narkoba.biasanya orang yang merokok dia telah kecanduan dan ingin mendapatkan kepuasaan yang lebih, sehingga seseorang yang merokok itu akan mencoba untuk menggunakan narkoba. Ini adalah hal yang sangat negatif. Sekarang ini rokok telah membabi buta hampir 50% bahkan lebih penduduk Indonesia kecanduan rokok dan sebagian besar pecandunya adalah kalangan menengah ke bawah. Entah lah mereka menyadari atau tidak menyadari mereka sehari harinya menyishkan uangnya sekitar 10.000 sampai 20.000 yang digunakan untuk membeli rokok padahal mungkin uang orang itu dapat digunakan untuk hal yang lebih di butuhkan seperti untuk biaya kehidupan sehari hari, kebanyakan orang yang telah kecanduan rokok dia rela tidak makan asalkan merokok karena telah kecanduan oleh 4000 zat kimia yang terdapat dalam rokok tersebut. Ini hal yang sangat miris menurut saya, kemudian orang yang merokok juga bisa terkena berbagai macam penyakit seperti flek pada paru paru, kangker, penyakit jantung dan masih banyak lagi, asap rokok juga sangat berbahaya bagi orang yang tidak merokok. tetapi secara tidak sengaja menghirup asap rokok atau mau tidak mau untuk menghirupnya dan biasanya orang tersebut dinamakan perokok pasif, perokok pasif sama berbahayanya dengan perokok aktif karena sama sama menghirup asap rokok yang mengandung nekotin dan otomatis akan berdampak buruk bagi tubuhnya. Dari hal lain asap rokok juga dapat menyebabkan pemanasan global, jika perokok di dunia ini semakin meningkat berarti bumi juga akan semakin panas. Walaupun pemerintah telah mengadakan suatu penangulangan terhadap para perokok untuk tidak merokok di sembarang tempat, dan adanya fatwa rokok haram hukumnya dari MUI, tetapi tetap saja saya masih banyak melihat anak anak ataupun orang dewasa yang melanggarnya,. Karena menurut saya orang itu belum mengetahui dampak apa saja yang di berikan dari rokok itu sendiri. Sebenarnya kita harus sadar akan apa yang kita perbuat, misalnya ada seorang yang merokok di suatu anggkutan umum padahal dia tau ada ibu ibu yang tidak merokok. dan akibat dari asap rokok yang di timbulkannya, tetapi dia tidak sama sekali menyadarinya inilah yang berbahaya. Bukan merugikan dirinya sendiri tetapi juga merugikan orang lain.
lalu bagaimana dengan para pengguna narkoba sekarang ini? apa sebenarnya penyebab atau awal mulanya seseorang mulai mengenal narkoba? apa betul rokok yang menyebabkan semua itu? awal mula mungkin beberapa remaja mulai mengenal rokok dikarenakan pergaulan dan lingkungan baik dirumah atau pun disekolah, yang hanya sekedar mencoba-coba dan hingga kini kecanduan rokok dan sulit untuk menghentikannya, hingga suatu saat mengenal narkoba yang diakui mampu memberikan ketenangan jika menggunakan narkoba tersebut.
Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan bahan berbahaya. Menurut departemen kesehatan sendiri bahwa narkoba atau zat zat adiktif ini sesunguhnya digunakan untuk bidang kesehatan contoh psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioparasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Namun kini presepsi itu disalah gunakan akibat pemakaian yang telah diluar batas dosis.sehingga menimbulkan efek efek seperti halusinasi atau seseorang tidak sadar dan menimbulkan efek khayalan contohnya saja jika seseorang menggunakan narkoba pada saat dia tidak sadar dia seakan akan berkhayal terhadap suatu hal atau benda yang sesunggunhnya benda itu tidak ada.dan pada saat dia tersadar dia merasakan suatu ke gagalan dalam hidupnya.
Hingga kini penyebaran narkoba sudah hampir tak bisa dicegah. Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Misalnya saja dari bandar narkoba yang senang mencari mangsa didaerah sekolah, diskotik, dan tempat-tempat perkumpulan genk. Tentu saja hal ini bisa membuat para orang tua cemas,pemerintah khawatir akan penyebaran narkoba yang begitu meraja rela. Upaya pemberantas narkoba pun sudah sering dilakukan namun masih sedikit kemungkinan untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remaja maupun dewasa, bahkan anak-anak usia SD dan SMP pun banyak yang terjerumus narkoba. hampir 15000 orang pertahun meninggal karena narkoba .sangat miris sekali mendengarnya. Narkoba di Indonesia sudah sangat membabi buta. Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba pada anak-anak yaitu dari pendidikan keluarga. Orang tua diharapkan dapat mengawasi dan mendidik anaknya untuk selalu menjauhi Narkoba dan selalu memberikan pengarahan pengarahan agar anak nya tidak terjerumus ke pergaulan bebas. Narkoba sangat berbahaya bagi manusia karena narkoba dapat mematikan sel sel otak , sehingga otak tidak dapat bekerja sempurna.akibatnya orang yang menggunakan narkoba merasa dirinya melayang layang dan tidak sadar, orang itu hanya merasakan kegembiraan sesaat, setelah narkoba itu habis dia akan merasakan kesakitan yang luar biasa, jadi orang yang telah kecanduan narkoba hidupnya serba salah. Jika dia mengkonsumsi narkoba maka akan membahayakan dirinya sendiri yang bisa menyebabkan kematian, tetapi apa bila dia tak mengkonsumsinya dia akan merasakan kesakitan yang luar biasa dan akhirnya dia juga akan meninggal secara perlahan. Pemerintah telah mendirikan hampir 1200 tempat rehabilitasi untuk para pecandu narkoba, tetapi itu pun belum mencukupi karena semakin banyak pula orang yang menggunakan narkoba. Dan sampai saat ini tidak ada cara yang paling efektif untuk mengurangi penyebaran itu sendiri. jadi marilah teman teman kita harus sadar dan lebih krits dalam menghadapi segala sesuatunya, saya yakin jika pemuda pemuda dan anak anak bangsa ini terhindar dari segala sesuatu yang negatif insyaallah Negara kita ini akan menjadi Negara yang maju ,karena kita adalah penerus bangsa ini, kita lah yang bertanggung jawab atas semua yang terjadi di Negara ini, coba bayangkan akan menjadi apa Negara ini jika anak anaknya semua pecandu narkoba? Negara ini takkan pernah maju dan tidak akan pernah lebih baik. Jadi saya tegaskan sekali lagi jangan lah kita dekat dekat dengan hal hal yang sebenarnya akan berdampak buruk bagi diri kita sendiri.dan kita harus lebih kritis terhadap semua hal yang baru. Mudah mudahan kita tidak menjadi orang yang merugi.terimaksih sekian dari saya apabila ada kata kata yang salah saya minta maaf. Wa bil taufik wal hidayah warridhoi wal innayah
wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar